'Cara Mengemudi Saya Sudah Irit BBM?'

Ajat Sudrajat - detikOto
img


Jakarta - Hallo detikOto, saya sering mendengar cara mengemudi akan mempengaruhi konsumsi BBM. Saya kurang apa cara saya sudah benar atau tidak.

Saya selalu bertahap menaikkan gigi saat kecepatan naik sampai 40km/jam. Dan pada jalan normal, kecepatan 40km/jam saya sudah menggunakan gigi 4, sementara sering saya lihat orang masih memakai gigi 3 pada kecepatan itu. Apa pengaruhnya terhadap performa mesin dan konsumsi bahan bakar?

Terima kasih
Harjuno Sasongko

Jawaban:

Hallo juga Pak Harjuno, salam detikOto.

Cara penghematan BBM yang paling besar memang betul dengan melakukan eco-driving atau gaya mengemudi hemat.

Caranya sederhana, lakukan perpindahan gigi di antara 2.500 rpm sampai 3.000 rpm karena biasanya peak torsi mobil rata-rata ada di rentang rpm tersebut.

Kemudian ketika mengemudi di jalan tol atau jalanan yang kosong, usahakan kecepatan mobil ada di antara 80-100km/jam dan kemudikan secara konstan di kecepatan tersebut.

Hindari menginjak pedal gas secara berlebihan atau mengemudi dengan cara gas pool alias tarik-tarikan. Kalau sudah terbiasa maka penghematan yang dilakukan bisa mencapai 30%.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 15 November 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan
 

0 komentar:

Posting Komentar